relation: http://eprints.uny.ac.id/11245/ title: PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN creator: Sukir, Drs., M. T. subject: Pendidikan Kejuruan subject: Pendidikan Tinggi description: Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas sering kali dijumpai kurang berkualitasnya pembelajaran yang berdampak pada kesulitan dalam meningkatkan pencapaian kompetensi bagi siswa yang mengikuti mata pelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini diantaranya adalah menerapkan lesson study pada pembelajaran. Permasalahan tersebut dapat dirumuskan yakni bagaimanakah upaya penerapan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran? Sedangkan tujuannya adalah mengetahui upaya penerapan lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson study merupakan model peningkatan mutu pembelajaran melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip- prinsip kolegalitas dan mutual learning, untuk membangun learning community. Lesson study dapat merupakan suatu kegiatan pembelajaran dari sejumlah guru atau guru dan pakar pembelajaran yang mencakup tiga tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap implementasi (action) pembelajaran dan observasi serta tahap refleksi (reflection) terhadap perencanaan dan implementasi pembelajaran tersebut. Melalui penerapan lesson study pada pembelajaran dapat diharapkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengajar sehingga kompetensi yang diraih siswa dapat meningkat. Kata kunci : lesson study dan pembelajaran date: 2008-08-23 type: Conference or Workshop Item type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/11245/1/Penerapan%20lesson%20study%20untuk%20meningkatkan%20pembelajaran_Semnas%20PHKI%20PTBB%20oleh%20%20Sukir_14.pdf identifier: Sukir, Drs., M. T. (2008) PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. In: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Boga dan Busana. Volume 3, Tahun 2008. 23 Agustus 2008, ISSN: 1907-8366., 23 Agustus 2008., Universitas Negeri Yogyakarta.