eprintid: 11213 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/01/12/13 datestamp: 2014-08-20 05:24:03 lastmod: 2019-05-08 15:18:57 status_changed: 2014-08-19 02:53:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramdani, Zuhut title: IntegrasiPendidikanKarakterdalamPembelajaran IPS di Madrasah TsanawiyahNegeri (MTsN) Model Selong Lombok Timur ispublished: pub subjects: C3 divisions: pps_ips full_text_status: public keywords: integrasi, pendidikan karakter, pembelajaran IPS abstract: Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS di MTsN Model Selongdanjuga proses yang dilakukandalammengintegrasikanpendidikankarakter.Penelitianinijugauntukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatpengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS di MTsN Model Selong. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Tempatpenelitian di MTsN Model Selong.WaktupenelitiandaribulanFebruarisampai Mei 2013.Subjekpenelitianiniadalahparasiswadan guru IPS yang mengajar di kelas VII dan VIII.Fokuspenelitaniniadalahpengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Instrumenpenelitiannyaadalahpenelitisendiridibantudenganlembarobservasidancatatanlapangan.Teknikpemeriksaankeabsahan data menggunakantriangulasi.Analisis data menggunakananalisisinteraktifdenganlangkah-langkahreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: 1) Para guru di MTsN Model Selong Lombok Timursudahmengintegrasikan 18 nilaikaraktersesuaidenganamanah UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yang di komparasidengan UU No 2 Tahun 2010 yang meliputi: religius, toleransi, menghargaiprestasi, demokratis, bersahabat/komunikatif, pedulilingkungan, tanggungjawab, semangatkebangsaan, cintatanah air, rasa ingintahu, disiplin, kerjakeras, kreatif, gemarmembaca, pedulisosial, jujur, mandiri, dancintadamai. Nilai-nilaitersebutsudahterdistribusikedalammateridankegiatanpembelajaran IPS. 2) Proses integrasipendidikankarakterdiupayakan guru melaluimateridankegiatanpembelajaran IPS. Untukmemaksimalkan proses integrasipendidikankarakterdalampembelajaran IPS, para guru menerapkanberbagaimetode di antaranyametodeceramahbervariasi, metodediskusi, metodebermainperan, danmetodetanyajawab. 3) faktorpendukungpengintegrasianpendidikankarakterdalampembelajaran IPS adalah: a) metodepembelajaran yang bervariasi,b) pembelajaran IPS sangatdekatdengankehidupannyatasiswa, c) tenagapendidik yang sudahbersertifikat guru profesional, d) pemahaman guru tentangpendidikankaraktercukupbaik, e) evaluasi yang selaludiadakanolehkepalasekolahdalam proses belajar-mengajar, dan f) saranadanprasarana yang tersediacukupmemadai. Adapunfaktorpenghambatnya: a) minatsiswa yang rendahterhadappelajaran IPS, b) materi-materi IPS yang sangatkompleks, dan c) jam pelajaran yang tersediasangatterbatas. Olehsebabitu, diusulkanoptimalisasisetiapinstrumen proses belajar-mengajar IPS. date: 2013-09-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Ramdani, Zuhut (2013) IntegrasiPendidikanKarakterdalamPembelajaran IPS di Madrasah TsanawiyahNegeri (MTsN) Model Selong Lombok Timur. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/11213/7/tesis-zuhut-ramdani-11705251009.swf