%0 Thesis %9 S2 %A Asto, Sikto Widi %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:11198 %I UNY %K Penyetaraan Vertikal, Tes Kemampuan Fisika %T Penyetaraan Vertikal Tes Kemampuan Fisika siswa SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/11198/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang karakteristik tes dan kemampuan fisika siswa SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta. Secara operasional tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang karakteristik tes kemampuan fisika, persamaan vertikal tes kemampuan fisika siswa SMA dan tingkat kemampuan fisika siswa kelas X, XI, dan XII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif. Masalah yang dikembangkan adalah tes kemampuan fisika tingkat SMA.Populasi dalam penelitian ini adalah respon siswa SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta terhadap tes kemampuan fisika. Sampel dipilih secara stratified proporsional random samplinguntuk menentukan sekolah dan kelas yang dipilih secara sampel. Alasan peneliti menggunakan teknik ini dikarenakan populasi dalam penelitian ini berstrata, yaitu kelas X, XI, dan XII, kemudian secara proporsional diambil 510 siswa setiap strata untuk memenuhi jumlah sampel besar sebagai syarat melakukan penyetaraan. Selanjutnya adalah memilih sekolah secara random atau acak. Sekolah yang terpilih sebagai sampel adalah SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2, SMA Muhammadiyah 3, SMA Muhammadiyah 4, SMA Muhammadiyah 5 dan SMA Muhammadiyah 6. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan merupakan tes kemampuan fisika yang valid dan memiliki reabilitas yang baik. Tes kemampuan fisika dibuat berdasarkan standar yang ada dalam Permendiknas no 22 tahun 2006. Analisis butir soal instrumen berdasarkan teori tes klasik dilakukan dengan bantuan program ITEMAN dan dengan teori respon butir menggunakan program BILOG-MG. Penyetaraan vertikal tes dengan menggunakan penyetaraan secara teori tes modern dengan metode regresi linier Levine. Membuat tabel konversi penyetaraan. Hasil penelitian ini: (1) ketiga perangkat tes memiliki rerata tingkat kesukaran dengan kategori sedang, memiliki rerata daya beda dengan kategori baik, dan memiliki reliabilitas dengan kategori baik, (2) persamaan penyetaraan kemampuan dari kelas X ke kelas XI adalah θ_2^*=0,637θ_1-0,274 dan persamaan penyetaraan kemampuan dari kelas XI ke kelas XII adalah θ_3^*=0,850θ_2-0,302 dan (3) Tingkat kemampuan fisika siswa SMA Muhammadiyah kelas X, XI, dan XII di Kota Yogyakarta sebagai berikut: (a) tingkat kemampuan kelas XI lebih baik pada kelas X dan tingkat kemampuan kelas XII lebih baik daripada kelas XI, (b) kemampuan fisika siswa SMA Muhammadiyah di Kota Yogyakarta kurang baik karena memiliki rentang kemampuan -1,3<θ<-0,2.