@phdthesis{UNY11135, title = {Pengembangan Butir Soal Matematika SD Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Pengadaan Bank Soal}, author = {Nila Hayati}, month = {June}, year = {2013}, school = {UNY}, keywords = {Bank Soal, Matematika, Sekolah Dasar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/11135/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menghasilkan produk berupa butir-butir soal yang berkriteria baik yang dikembangkan dan disiapkan untuk bank soal. 2) untuk melakukan penyetaraan butir soal perangkat tes mata pelajaran Matematika SD yang dikembangkan untuk bank soal. Penelitian pengembangan ini melalui 8 tahapan, yaitu perencanaan, penyusunan kisi-kisi, penulisan soal, penelahaan soal atau analisis kualitatif soal, uji coba prapenelitian, analisis secara tes klasik, uji coba penelitian, kalibrasi soal, dan pengarsipan Bank Soal. Sampel siswa ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 258 orang siswa. Perangkat tes yang diujikan meliputi dua paket soal (MAT\_1 dan MAT\_2) yang masing-masing terdiri dari 40 butir soal. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif menggunakan program Iteman 3.00 untuk analisis dengan teori tes klasik dan program Bilog MG untuk analisis dengan teori respons butir model dua parameter. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan dari 40 butir soal perangkat tes MAT\_1 dan perangkat tes MAT\_2 diperoleh berturut-turut 29 butir dan 26 butir soal yang memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam bank soal. Rerata tingkat kesukaran untuk perangkat tes MAT\_1 dan MAT\_2 masing-masing sebesar 0,5968 dan 0,473. Rerata daya beda perangkat tes MAT\_1 dan MAT\_2 masing-masing sebesar 0,623 dan 0,670. Fungsi informasi tertinggi perangkat tes MAT\_1 sebesar 761,943 dengan SEM 0,036 pada kemampuan ({\ensuremath{\theta}}) = 0,5, sedangkan perangkat tes MAT\_2 sebesar 769,561 dengan SEM 0,036 pada kemampuan ({\ensuremath{\theta}}) = 0,0. Konversi penyetaraan tingkat kesukaran butir MAT\_1 ke MAT\_2 dengan persamaan bY* = 0,715bX ? 0,136. Konversi penyetaraan parameter daya beda butir perangkat tes MAT\_1 ke perangkat tes MAT\_2 adalah {\ensuremath{\alpha}}y*= . Konversi kemampuan peserta yang mengerjakan perangkat tes MAT\_1 dengan perangkat tes MAT\_2 adalah {\ensuremath{\theta}}Y* = 0,715{\ensuremath{\theta}}X ? 0,136. Perangkat tes MAT\_1 lebih sulit dari perangkat tes MAT\_2. Ke-55 butir soal dari MAT\_dan MAT\_2 diarsip secara digital dengan aplikasi komputer.} }