@phdthesis{UNY11130,
            year = {2014},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMKN 3 YOGYAKARTA},
          author = {Komaruzaman Ahmad},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/11130/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang
metode mengajar guru terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh persepsi siswa
tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh motivasi belajar
terhadap prestasi belajar, dan (4) pengaruh persepsi siswa tentang metode
mengajar guru, fasilitas belajar, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa
Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian ini
seluruh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Yogyakarta
yang diasumsikan berkarakteristik sama, dengan jumlah 199 siswa dengan teknik
simple random sampling diperoleh sampel 131 siswa. Teknik Pengumpulan data
untuk variabel persepsi siswa tentang metode mengajar guru, persepsi siswa
tentang fasilitas belajar, dan motivasi belajar menggunakan angket, sedangkan
variabel prestasi belajar siswa menggunakan dokumentasi hasil belajar semester
gasal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif data untuk
mengetahui gambaran variabel, analisis regresi sederhana serta regresi ganda untuk
mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang metode
mengajar guru (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi
belajar (Y) dengan kontribusi sebesar 17,5\%, (2) persepsi siswa tentang fasilitas
belajar (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y)
dengan kontribusi sebesar 22,9\%, (3) motivasi Belajar (X3) mempunyai pengaruh
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan kontribusi sebesar 26,7\%,
dan (4) persepsi siswa tentang metode mengajar guru (X1), persepsi siswa tentang
fasilitas belajar (X2), dan motivasi belajar (X3) mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar (Y).
Kata kunci: persepsi siswa tentang metode mengajar guru, persepsi siswa tentang
fasilitas belajar, motivasi belajar, dan prestasi belajar.}
}