%I UNY %D 2013 %T Keefektifan Manajemen Perpustakaan Sekolah di Sekolah DasarStandar Nasional (SDSN) Kabupaten Kulon Progo %L UNY11099 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat keefektifan manajemen perpustakaan sekolah di Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) Kabupaten Kabupaten Kulon Progo. Keefektifan manajemen perpustakaan sekolah diukur dari komponen: (1) perencanaan perpustakaan; (2) pengorganisasian perpustakaan; (3) pelaksanaan perpustakaan; (4) pengendalian perpustakaan, dan (5) manajemen perpustakaan secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan jenis discrepancy dengan metode kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru pustakawan/pustakawan, dan siswa kelas 6. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara terhadap kepala sekolah,guru pustakawan/pustakawan, dan angket. Angket diberikan pada siswa kelas 6. Hasil analisismenunjukkan bahwa: (1) perencanaan perpustakaan berada pada kategori kurang efektif dengan skor rerata 2,25 atau 56,25%; (2) pengorganisasian berada pada kategori kurang efektif dengan skor rerata 2,00atau 50,00%; (3) pelaksanaan berada pada kategori kurang efektif dengan skor rerata 2,01atau 50,25%; (4) pengendalian berada pada kategori kurang efektif dengan skor rerata 2,24atau 56%;dan (5) manajemen perpustakaan secara keseluruhan berada pada kategori kurang efektif dengan skor rerata 2,13 atau 52,75%. Persepsi siswa terhadap perencanaan pada kategori kurang efektif dengan skor 2,07 atau 51,75%. Pengorganisasian pada kategori cukup efektif dengan skor 2,55 atau 68,75%. Pelaksanaan pada kategori kurang efektif dengan skor 2,20 atau 55,00%. Pengendalian pada kategori kurang efektif dengan skor 2,15 atau 53,75%.Manajemen perpustakaan sekolah pada kategori kurang efektif dengan skor 2,24 atau 56%. %A Rusmiyati Rusmiyati