%0 Thesis %9 S2 %A Kurniawati, Putri Isnaeni %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:11097 %I UNY %K manajemen, sarana dan prasarana %T Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK N 1 Kasihan, Bantul %U http://eprints.uny.ac.id/11097/ %X manajemen sarana dan prasarana yang digunakan dan mendeskripsikan proses pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana di SMK N 1 Kasihan, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus 2012 sampai dengan Februari 2013. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengumpulkan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Keabsahan data diukur menggunakan triangulasi sumber. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Ketua Program Keahlian Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater dan Seni Pedalangan di SMK N 1 Kasihan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1. Manajemen sarana dan prasarana yang digunakan oleh SMK N 1 Kasihan khususnya pada mata pelajaran produktif adalah manajemen standar; 2. Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan setiap akhir tahun dengan menganalisis kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dengan menetapkan perencanaan untuk jangka satu semester atau satu tahun kedepan dengan memperhatikan dana yang dimiliki; 3. Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, dilakukan dengan pemeliharan sehari-hari, pemeliharaan secara berkala, dan pemeliharaan yang sifatnya mencegah dari kerusakan; 4. Dalam penghapusan sarana dan prasarana sekolah, sampai saat ini belum pernah melakukan penghapusan barang, tetapi secara umum penghapusan dilakukan melalui prosedur pencatatan pada buku inventaris barang rusak kemudian dilaporkan pada WKS Bidang Sarana dan Prasarana.