@phdthesis{UNY11096, year = {2013}, school = {UNY}, author = {Norma Chunnah Zulfa}, title = {Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN 1 Surakarta}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang manajemen kurikulum yang dilaksanakan oleh madrasah aliyah program keagamaan MAN 1 Surakarta mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum serta kendala manajemen kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di MAPK MAN 1 Surakarta. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah program keagamaan, pembina asrama, dan guru. Objek penelitian meliputi kegiatan pembelajaran, kegiatan asrama, dan kondisi sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Instrumen penelitian adalah peneliti dan pedoman wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji credibilty, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles-Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum dilakukan melalui workshop berpedoman pada kurikulum nasional, pengembangan keunggulan lokal, dan adaptasi sistem pondok pesantren berupa penguasaaan ilmu agama islam, pengembangan kemampuan bahasa arab dan inggris, serta kajian kitab yang diajarkan menggunakan bahasa arab. Pelaksanaan kurikulum MAPK terdiri dari pembelajaran pagi, tutorial sore hari, tahfidzul qur?an, kegiatan asrama, pengembangan bahasa arab dan inggris, serta kegiatan ekstrakurikuler. Evaluasi kurikulum dilakukan untuk menilai hasil belajar siswa, dilaksanakan dalam bentuk ujian semester, ujian madrasah dan ujian nasional menggunakan bahasa arab, baik untuk muatan kurikulum nasional maupun muatan kurikulum lokal. Faktor-faktor yang menjadi kendala manajemen kurikulum MAPK antara lain: modul program keagamaan belum baku dan kitab muqorror/buku diktat kurang sistematis; kurangnya ketelatenan guru membuat perangkat pembelajaran dan penguasaan teknologi komputer dalam membuat media belajar yang menarik; sarana prasarana yang belum memadai/minim; masalah kedisiplinan siswa-siswi MAPK dalam mengikuti pembelajaran; padatnya kegiatan sekolah, asrama, dan organisasi mengurangi fokus belajar anak; dan kemampuan bahasa anak yang belum mampu memahami teks secara keseluruhan. }, url = {http://eprints.uny.ac.id/11096/} }