%D 2013 %I UNY %T Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Kalasan %L UNY11089 %A Erna Sapti Wulandari %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) sejauh mana implementasi MBS di SMP Negeri Kecamatan Kalasan dalam usahanya menyiapkan lulusan yang berkompeten dan berdedikasi tinggi; 2) sejauh mana SMP Negeri Kecamatan Kalasan mampu menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi para siswanya; 3) gambaran tentang dukungan/partisipasi masyarakat dalam penerapan MBS; dan4) keberhasilan yang telah dicapai oleh SMP negeri Kecamatan Kalasan dalam menerapkan MBS. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif untuk mendeskripsikan data/informasi dalam bentuk tabel frekuensi serta analisis atas masing-masing data yang ada sesuai dengan arah penelitian. Penelitian dilakukan di 2 SMP Negeri di Kecamatan Kalasan, yaitu SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 4. Jumlah subjek penelitian ada 180 orang terdiri dari 100 orang guru, 50 pegawai TU dan 30 orang pengurus komite sekolah. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif berupa distribusi frekuensi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: pertama, pelaksanaan MBS dari aspek input, proses, dan out put. masuk kategori sangat baik. Aspek input masuk kategori sangat baik mencapai 62,2%, aspek proses masuk kategori sangat baik mencapai58,9% dan asepk output masuk kategori sangat baik mencapai 69,4%. Kedua, ketersediaan guru yang berdedikasi tinggi yang mampu memberi bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa tersedia di sekolah masuk kategori sangat tinggi 57,2 %. Ketiga, ketersediaan sarana-prasarana bagi siswa baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Persentase kategori mencapai 40,6%. Keempat, partisipasi masyarakat dalam membantu mengembangkan dan meningkatkan sekolah masuk kategori tinggi 43,3 %. Kelima, upaya sekolah meningkatkan prestasi siswa melalui proses pembelajaran dengan sistem MBS masuk kategori tinggi yaitu 45,0 %. %K manajemen berbasis sekolah, sekolah menengah pertama