TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan program KKG di Gugus Kecamatan Kraton Yogyakarta dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi formatif. Penelitian dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Kecamatan Kraton Yogyakarta yang terdiri dari lima sekolah dasar dan dilaksanakan mulai bulan Maret sampai dengan bulan April 2013. Populasi sebanyak 78 orang terdiri dari 73 orang guru kelas dan 5 orang kepala sekolah. Sampel penelitian sama dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data penelitian ini terdiri dari angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan review dokumen. Instrumen dilakukan pengujian validitas isi dan konstruk sebelum digunakan. Data yang diperoleh dari instrumen dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengelolaan program KKG di Gugus Kecamatan Kraton Yogyakarta bernilai 3,75 dengan kriterian penilaian baik pada skala nilai 5 atau 1,00 s.d. 5,00. Dilihat dari masing-masing variabel diperoleh: 1) perencanaan program KKG bernilai 4,01 dengan kriteria penilaian baik, 2) pengorganisasian program KKG bernilai 4,00 dengan kriteria penilaian baik, 3) penggerakan program KKG bernilai 3,65 dengan kriteria penilaian baik, dan 4) pengawasan program KKG bernilai 3,25 dengan kriteria penilaian cukup. Y1 - 2013/10/31/ A1 - Sutarini, Dwi Atmi PB - UNY ID - UNY11087 M1 - tesis AV - public KW - Program KKG KW - Gugus TI - Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus Kecamatan Kraton Yogyakarta, Tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/11087/ ER -