TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/11082/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa; (2) pengaruh tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru; (3) pengaruh langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa; (4) pengaruh tidak langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru; (5) pengaruh langsung antara motivasi berprestasi guru dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah 318 guru SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta dengan sampel 200 orang yang dipilih dengan teknik proportional sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner, dengan jawaban berskala 1?4, terdiri atas 67 butir pertanyaan. Validitas instrumen meliputi validitas logis (experts? judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa, dengan sumbangan efektif 5.52%; (2) terdapat pengaruh tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru, yang ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 32.09%; (3) tidak terdapat pengaruh langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa; (4) terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa melalui motivasi berprestasi guru, yang ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 1.04%; (5) terdapat pengaruh langsung antara motivasi berprestasi guru dengan prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan sumbangan efektif sebesar 47.06%. Jadi secara keseluruhan sumbangan yang diberikan oleh kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan sekolah, motivasi berprestasi guru baik secara langsung maupun tidak terhadap prestasi belajar siswa sebesar 85,71%. Hal ini berarti jika kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi guru ditingkatkan kualitasnya maka akan berkontribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta. PB - UNY TI - Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta A1 - Jamali, Arif AV - restricted KW - kompetensi manajerial kepala sekolah KW - lingkungan sekolah KW - motivasi berprestasi guru KW - prestasi belajar siswa Y1 - 2013/04/30/ ID - UNY11082 ER -