%0 Thesis %9 S2 %A Mulyana, Sahadi %B Program Pascasarjana %D 2013 %F UNY:11067 %I UNY %K exposition text, generic structure, language features, analisis konten %T Kemampuan Menulis Exposition Text pada siswa Kelas Akselerasi kelas XI SMAN 1 Wates Kulon Progo %U http://eprints.uny.ac.id/11067/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa menggunakan generic structure dalam menulis hortatory exposition text. Penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana siswa menggunakan language features dalam menulis exposition text. Penelitian ini termasuk analisis konten karena sumber datanya berupa dokumen, yakni teks tulisan siswa. Proses penelitian ini mencakup empat tahapan. Tahapan pertama adalah pengadaan data yang meliputi penentuan subjek dan tempat pengambilan data. Tahapan kedua Data diambil dengan menggunakan tes menulis hortatory exposition text. Tahapan ketiga adalah proses pengkategorian hasil tulisan siswa dengan menggunakan rubrik penilaian yang diadaptasi dari sumber-sumber yang relevan. Keabsahan data diperoleh dengan memenuhi kriteria kredibilitas, yakni dengan pengamatan terus menerus, dan diskusi dengan teman sejawat. Tahapan keempat adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis generic structure masih bervariasi dari tingkat yang rendah, sedang dan baik, belum ada yang sempurna. Dalam menggunakan unsur-unsur kebahasaanpun menunjukkan tingkat kemampuan yang bervariasi dari tingkat yang rendah, sedang dan baik, belum ada yang sempurna. Berdasarkan temuan hasil penelitian guru bahasa Inggris dalam mengajarkan keterampilan menulis harus menekankan pemahaman generic structure dan language features, sehingga dengan memahami generic structure dan language features akan lebih mudah bagi siswa menulis exposition text.