TY - THES PB - UNY A1 - Nurina, Titis N2 - Pembelajaran pendidikan jasmani dalam model TPSR lebih menekankan pada kondisi siswa dan pendekatannya juga berorientasi kepada aktualisasi diri dan rekonstruksi sosial siswa di dalam pembelajaran permainan bola basket. Model pembelajaran tanggung jawab diri dan sosial memberdayakan siswa untuk lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka, serta mengajarkan kepada siswa untuk menjadi lebih peka tentang hak, perasaan, dan kebutuhan orang lain dengan bekerjasama untuk mencapai tujuan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab, kerjasama, dan percaya diri siswa putri kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan model TPSR dalam pembelajaran permainan bola basket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa putri kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 yang berjumlah sembilan siswa. Analisis data menggunakan analisis diskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPSR dapat meningkatkan karakter tanggung jawab dan kerjasama dalam pembelajaran permainan bola basket yang berdampak pada kepercayaan diri siswa putri kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang dapat dilihat dari peningkatan nilai keterampilan psikomotor, kognitif, dan afektif siswa. Y1 - 2013/07/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/11011/ ID - UNY11011 M1 - tesis TI - Upaya Peningkatan Karakter Tanggung Jawab, Kerjasama, dan Percaya Diri dalam Permainan Bola Basket melalui Model TPSR pada Siswa Putri Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta AV - public KW - TTSR KW - tanggung jawab KW - kerjasama KW - permainan bola basket ER -