%L UNY10981 %A Hadi Wijaya %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS yang Komprehensif Melalui penerapan Metode Simulasi di kelas V SD Muhammadiyah Bausasran II Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action reseach) kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Bausasran II Yogyakarta, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 29 orang anak. Jenis tindakan yang dilaksanakan adalah pembelajaran IPS dengan metode simulasi sebanyak tiga siklus. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data divalidasi melalui Expert Judgment. Analisis data dilakukan dengan tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Kriteria ketuntasan minimum yang digunakan di sekolah tersebut adalah skor 65 untuk aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD Muhammadiyah Bausasran II Yogyakarta pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Peningkatan ranah kognitif pada Siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 62,06%; 75,86%; 100%. Peningkatan aspek afektif adalah 51,72%; 68,96%; 75,86%. Peningkatan aspek psikomotorik adalah 41,38%; 75,86%, dan 79,31%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif di kelas V SD Muhammadiyah Bausasran II Yogyakarta. Dengan demikian guru hendaknya menggunakan metode simulasi sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif. %K Metode Simulasi, Hasil Belajar , Komprehensif %T Peningkatan Hasil Belajar IPS yang Komprehensif Melalui Metode Simulasi di SD Muhammadiyah Bausasran II Yogyakarta %D 2013 %I UNY