@phdthesis{UNY10973, title = {Pengaruh Implementasi the 4-E Learning Cycle terhadap Pengetahuan, Ketrampilan Proses Dasar, dan Sikap IlmiahIPA Siswa SDK Kererobbo}, author = {Ferdinandus Bele Sole}, month = {May}, year = {2013}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10973/}, keywords = {the 4-E Learning Cycle, pembelajaran ekspositori, pengetahuan IPA, ketrampilan proses dasar, sikap ilmiah}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model 4-Elearning cycle terhadap: (1) pengetahuan IPA siswa SD, (2) ketrampilan proses dasar IPA siswa SD, dan (3) sikap ilmiah IPA siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDK Kererobbo, kecamatan Kota Tambolaka semester II tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan model 4-E Learning Cycle, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan adalah (1) tes terintegrasi untuk mengukur pengetahuan dan ketrampilan proses dasar IPA dan (2) skala sikap untuk mengukur sikap ilmiah. Analisis data menggunakan (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data pengetahuan, ketrampilan proses dasar dan sikap ilmiah; dan (2) statistik inferensial dengan menggunakan independent sampel t-test untuk menguji hipotesis penelitian pada taraf signifikansi 5\% ({\ensuremath{\alpha}} = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model 4-Elearning cycle berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengetahuan IPA siswa di SDK Kererobbo dengan nilai sig 0,044; (2) penerapan model 4-Elearning cycleberpengaruh positif dan signifikanterhadap ketrampilan proses dasar IPA siswa di SDK Kererobbo dengan nilai sig 0,020;dan (3) penerapan model 4-Elearning cycle berpengaruh positif dan signifikanterhadap sikap ilmiah siswa di SDK Kererobbo dengan nilai sig 0,000.} }