%0 Thesis %9 S2 %A Asnaeni, Nurrahmi %B Program Pascasarjana %D 2012 %F UNY:10958 %I UNY %K Pemanfaatan Laboratorium Bahasa, Survei %T Survei Pemanfaatan Laboratorium Bahasa Bagi Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Kota Bima %U http://eprints.uny.ac.id/10958/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pemanfaatan laboratorium bahasa dilihat dari aspek kemampuan guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; 2) pemanfaatan laboratorium bahasa dari aspek pemanfaatan sarana dan prasarana yang meliputi pemanfaatan ruang laboratorium dan pemanfaatan alat-alat dan media laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini terdiri dari enam sekolah dasar yang memiliki fasilitas laboratorium bahasa di Kota Bima. Subjek penelitian ini merupakan guru bahasa Inggris enam sekolah dasar yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup model Likert empat pilihan untuk memperoleh data tentang aspek kemampuan guru dan aspek pemanfaatan sarana dan prasarana, wawancara menggunakan pedoman wawancara untuk memperoleh data tentang aspek kemampuan guru dan aspek pemanfaatan sarana dan prasarana. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan laboratorium bahasa dilihat dari aspek kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran di laboratorium bahasa berada pada ketegori rendah; kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di laboratorium bahasa berada pada kategori sangat tinggi; dan kemampuan guru dalam mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran di laboratorium bahasa berada pada kategori sangat tinggi; (2) pemanfaatan sarana dan prasarana yang meliputi pemanfaatan ruang laboratorium berada dalam ketegori rendah; dan pemanfaatan alat-alat dan media laboratorium berada pada kategori tinggi.