%I UNY %D 2012 %T Keefektifan Metode Think Pair Share terhadap Keterampilan Diskusi Berbahasa Jawa dalam Pembelajaran Tembang Macapat Siswa Kelas XI SMA N 1 Karanganyar, Kebumen %K keefektifan, metode think pair share, diskusi berbahasa jawa %A Rochimansyah Rochimansyah %X Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah ada perbedaan yang signifikan keterampilan diskusi berbahasa Jawa antara kelompok yang diajar dengan metode Think Pair Share dan kelompok yang diajar tanpa metode Think Pair Share? (2) Apakah metode Think Pair Share lebih efektif dari pada metode konvensional terhadap keterampilan diskusi berbahasa Jawa dalam pembelajaran tembang macapat pada siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan diskusi berbahasa Jawa antara kelompok yang diajar menggunakan metode Think Pair Share dengan kelompok yang diajar tanpa menggunakan metode Think Pair Share, dan (2) manakah yang lebih efektif antara metode Think Pair Share dengan metode yang sudah ada terhadap keterampilan diskusi berbahasa Jawa dalam pembelajaran tembang macapat pada siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar berjumlah 281 siswa. Penyampelan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi terstruktur. Pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian keterampilan diskusi berbahasa Jawa dan lembar pedoman penilaian keterampilan diskusi berbahasa Jawa. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji ANACOVA. Hasil penghitungan uji-t pascates keterampilan diskusi berbahasa Jawa menunjukkan nilai p sebesar 0,000 lebih kecil dari pada taraf signifikansi sebesar 0,050. Hasil uji-t menunjukkan ada perbedaan yang signifikan keterampilan diskusi berbahasa Jawa antara kelompok yang melakukan pembelajaran dengan metode Think Pair Share dan kelompok yang melakukan pembelajaran tanpa metode Think Pair Share dalam pembelajaran tembang macapat pada siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar, Kebumen. Hasil penghitungan uji-ANACOVA pascates keterampilan diskusi berbahasa Jawa menunjukkan nilai p sebesar 0,000 lebih kecil dari pada taraf signifikansi 0,050. Jadi dapat disimpulkan metode Think Pair Share lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional terhadap keterampilan diskusi berbahasa Jawa dalam pembelajaran tembang macapat pada siswa kelas XI SMA N 1 Karanganyar, Kebumen. %L UNY10936