eprintid: 10896 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 72 dir: disk0/00/01/08/96 datestamp: 2014-02-20 03:43:19 lastmod: 2019-01-29 18:48:48 status_changed: 2014-02-20 03:43:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ilham Wha'is, Abdhan Saquro title: PENGARUH GAYA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: telka divisions: ft_jurdik_elka_pend_elka full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar produktif; 2) mengetahui pengaruh gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar produktif; 3) mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar produktif; 4) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar produktif; 5) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar produktif ; 6) mengetahui pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, lingkungan keluarga dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dan merupakan penelitian populasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien alpha. Terdapat pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,053. Terdapat pengaruh gaya belajar auditori terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,078. Terdapat pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,313. Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar produktif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,168. Terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,182. Terdapat pengaruh gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, lingkungan keluarga dan disiplin keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar produktif ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi r2 sebesar 0,439. Berdasarkan nilai r2 sebesar 0,439 diketahui bahwa produktif siswa jurusan Audio Video kelas XI dipengaruhi sebesar 43,9% oleh variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik, lingkungan keluarga dan disiplin belajar. Kata kunci: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetik, Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar. date: 2014 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Prodi Pend. Teknik Elektronika-S1 thesis_type: skripsi citation: Ilham Wha'is, Abdhan Saquro (2014) PENGARUH GAYA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF SISWA KELAS XI AUDIO VIDEO SMK N 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/10896/1/ABSTRAK.pdf