%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Nanang , Nanang %A Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Garut , %D 2013 %F UNY:10859 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2013): Peningkatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang lebih Baik %T WOLFRAM-ALPHA PADA TEORI BILANGAN %U http://eprints.uny.ac.id/10859/ %X Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini telah dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Guru hendaknya menguasai TIK, terutama beberapa aplikasi dasar seperti pengolah kata, pengolah angka, penyajian presentasi, dan penggunaan internet. Penulis mencoba memanfaatkan salah satu aplikasi gratis dalam internet yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan soal-soal Teori Bilangan, yaitu Wolfram Alpha Free. Permasalahan dalam tulisan ini adalah “Topik-topik materi mana saja pada Teori Bilangan yang dapat dibahas atau dicari solusinya dengan menggunakan software Wolfram-Alpha? Berdasarkan hasil kajian dengan menggunakan software Wolfram-Alpha secara online, topik-topik pada Teori Bilangan yang dapat dicari solusinya adalah: pemfaktoran, kelipatan, bilangan prima, keterbagian (faktor pembagi), persamaan Diopanthine untuk mencari solusi bilangan bulat ax + by = c, fungsi phi, dan induksi matematik. Sementara pembuktian teorema-teorema pada Teori Bilangan, Wolfram-Alpha tidak dapat melakukannya.