%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Kana Hidayati, M.Pd. %A Elly, Arliani %A Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, %D 2013 %F UNY:10814 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T MODEL-MODEL ALIGMENT ANTARA PENILAIAN DAN KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA %U http://eprints.uny.ac.id/10814/ %X Berbagai perubahan kebijakan guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terus dilakukan pemerintah. Perubahan kebijakan tersebut diantaranya adalah perubahan kurikulum yang diberlakukan di sekolah saat ini. Terkait dengan perubahan kurikulum tersebut, salah satu komponen penting yang hasus diperhatikan adalah penilaian hasil belajar siswa. Penilaian merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan karena penilaian dapat berfungsi selain untuk memantau kualitas belajar siswa juga dapat digunakan untuk tujuan akuntabilitas. Penilaian hasil belajar siswa yang akuntabel dan akurat dapat dicapai hanya jika ada kesesuaian atau kesejajaran (aligment) antara kurikulum, apa yang dipelajari siswa, dan apa yang muncul dari siswa pada penilaian. Oleh sebab itu perlu untuk memastikan bahwa ada kesesuaian atau kesejajaran (aligment) antara penilaian dan kurikulum dalam rangka memperoleh kesimpulan yang valid dari hasil penilaian. Studi kesejajaran dalam pendidikan dimaksudkan untuk menunjukkan sejauh mana penilaian yang dilakukan mencerminkan standar isi yang harus dicapai. Hasil dari studi kesejajaran dapat digunakan juga sebagai bukti validitas untuk mendukung interpretasi skor siswa. Selama lebih dari satu dekade, berbagai metode atau model aligment untuk mengevaluasi kesejajaran antara penilaian dan kurikulum terus berkembang. Namun berbagai model aligment tersebut selama ini secara spesifik masih jarang dikaji atau diterapkan dalam kegiatan pengukuran pendidikan khususnya di Indonesia. Melalui studi literatur, artikel ini membahas berbagai model alignment yang dapat digunakan dalam kegiatan pengukuran pendidikan yakni untuk mengevaluasi kesejajaran antara penilaian dan kurikulum khususnya dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Model Aligment antara Penilaian dan Kurikulum, Matematika