eprintid: 10813 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/01/08/13 datestamp: 2013-12-09 21:14:28 lastmod: 2013-12-09 21:14:28 status_changed: 2013-12-09 20:51:48 type: article metadata_visibility: show creators_name: Djamilah Bondan , Widjajanti creators_name: Fitriana Yuli Saptaningtyas, M.Si creators_name: DWI, LESTARI creators_id: dj_bondan@yahoo.com creators_id: lemlituny@yahoo.com corp_creators: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY title: EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MATEMATIKA DISKRET BERBASIS REPRESENTASI MULTIPEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA ispublished: pub subjects: snmpm2013 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Dalam rangkaian melakukan penelitian pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskret berbasis Representasi Multipel, suatu uji coba terbatas telah dilakukan untuk mengetahui efektivitas Bahan Ajar tersebut ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis mahasiswa calon guru matematika. Subyek uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah 41 mahasiswa Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang menempuh perkuliahan Matematika Diskret pada semester Februari-Juni 2013. Instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi dan koneksi matematis berupa soal uraian, masing-masing terdiri empat soal yang dikembangkan oleh tim peneliti dan divalidasi oleh lima orang dosen Jurdik Matematika FMIPA UNY. Ada tiga indikator untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan 4 indikator untuk mengukur kemampuan koneksi matematis. Bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis jika minimal ada 75% subyek uji coba yang memperoleh skor kemampuan komunikasi dan koneksi matematis dalam kategori tinggi atau sangat tinggi, yaitu memperoleh skor lebih dari 21 dari skor maksimal 36. Hasil penelitian menunjukkan ada 78% mahasiswa (32 dari 41) yang memperoleh skor kemampuan komunikasi matematis lebih dari 21, dan ada 83% mahasiswa (34 dari 41) yang memperoleh skor kemampuan koneksi matematis lebih dari 21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam uji coba terbatas ini bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikategorikan efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan koneksi matematis. Kata kunci: Diskret, representasi, komunikasi, koneksi date: 2013 publication: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 official_url: http://uny.ac.id related_url_url: http://uny.ac.id citation: Djamilah Bondan , Widjajanti and Fitriana Yuli Saptaningtyas, M.Si and DWI, LESTARI (2013) EFEKTIVITAS BAHAN AJAR MATEMATIKA DISKRET BERBASIS REPRESENTASI MULTIPEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10813/1/P%20-%2090.pdf