%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Wanda , Nugroho Yanuarto %A Pascasarjana UNY, %D 2013 %F UNY:10805 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T PERBEDAAN KONSEP MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN DITINJAU DARI RAS DAN GENDER MANUSIA %U http://eprints.uny.ac.id/10805/ %X Artikel ini merupakan hasil kajian pustaka yang dilakukan dari berbagai artikel yang telah diterbitkan dari banyak sumber dan penulis mencoba menganalisa untuk mendapatkan kesimpulan mengenai perbedaan konsep matematika dan pengetahuan secara umum ditinjau dari ras dan gender manusia. Artikel ini juga dihubungkan dengan dampak psikologi antara gender manusia yaitu laki-laki dan perempuan. Hal-hal apa saja yang harus pendidik lakukan untuk mengantisipasi perbedaan tersebut. Perbedaan konsep matematika didasarkan pada bagaimana siswa laki-laki dan perempuan menerima materi dalam pembelajaran matematika. Adakah perbedaan yang signifikan dalam menerima ilmu dalam pembelajaran ataukah perbedaan itu diakibatkan oleh dampak psikologi yang sedang terjadi. Pengetahuan secara umum juga dianalisa secara kajian artikel dari berbagai sumber, adakah perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam memperoleh pengetahuan dalam hidupnya. Perbedaan pengetahuan tersebut disamping didapatkan dari isu gender yang terjadi, tetapi juga ras dan adat istiadat dari berbagai wilayah di Indonesia yang bisa menjadi pencetus perbedaan pengetahuan pada anak. Pada makalah ini nanti akan dibahas mengenai perbedaan konsep matematika didasarkan pada gender manusia, perbedaan pengetahuan ditinjau dari ras dan gender pada manusia dan antisipasi yang harus dilakukan guru dalam pembelajarannya di kelas mengenai hal tersebut. Kata Kunci : konsep matematika, pengetahuan, ras, dan gender