%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Trisnawati, Trisnawati %A Dwi , Astuti %A Prodi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNY, %D 2013 %F UNY:10802 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN %U http://eprints.uny.ac.id/10802/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) di kelas VIIC SMP Negeri 1 Muntilan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan pendekatan RME di kelas VIIC SMP Negeri 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, catatan lapangan, evaluation test dan pedoman wawancara. Sehingga data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil wawancara, hasil evaluation test, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pendekatan RME pada pembelajaran matematika yang dilaksanakan sesuai dengan lima karakteristik RME ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase setiap aspek kemampuan komunikasi matematis siswa dari pre test, tes Siklus I ke tes Siklus II. Kata Kunci : RME, Komunikasi, Komunikasi matematis