%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Sudi , Prayitno %A St. , Suwarsono %A Tatag , Yuli Eko Siswono %A FKIP Univesitas Mataram, , %A FKIP Univesitas Sanata Dharma, %A FMIPA Universitas Negeri Surabaya, %D 2013 %F UNY:10796 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERJENJANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER %U http://eprints.uny.ac.id/10796/ %X Komunikasi matematis merupakan kesanggupan siswa dalam memahami, menyatakan dan menafsirkan gagasan matematika menggunakan bahasa dan representasi matematika baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan tingkatan berpikir siswa, soal-soal matematika dapat dijenjangkan, yaitu meliputi (1) mengeksplorasi dan mengingat kembali: fakta, prinsip, dan prosedur, (2) mempraktekkan latihan dan keterampilan, (3) memecahkan masalah, dan (4) menginvestigasi. Penelitian ini berjenis kualitatif, dimana pengambilan datanya dilakukan melalui pekerjaan tertulis siswa, penyampaian pekerjaan secara lisan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian siklus awal menunjukkan bahwa tiap-tiap jenjang soal matematika mengeksplorasi unsur-unsur kemampuan komunikasi matematis yang berbeda-beda. Berdasarkan gender, siswa laki-laki cenderung lebih baik dalam hal komunikasi matamatis secara tertulis, sedangkan siswa perempuan lebih baik dalam komunikasi matematis secara lisan. Kata kunci: komunikasi matematis, siswa SMP, soal matematika berjenjang, gender.