@article{UNY10793, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, year = {2013}, journal = {Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika}, author = {Subarinah Sri }, title = {PROFIL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH TIPE INVESTIGASI MATEMATIK DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER }, url = {http://eprints.uny.ac.id/10793/}, abstract = {Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah tipe investigasi matematik ditinjau dari perbedaan gender. Dalam pemecahan masalah tipe investigasi matematik memungkinkan siswa untuk melakukan percobaan yang berbeda-beda cara untuk mendapatkan solusi atas masalah yang diajukan. Oleh karena itu, unsur-unsur berpikir kreatif seperti fleksibilitas dan kebaruan mempunyai peluang yang besar untuk muncul, tentunya juga disertai unsur kefasihan dan keterincian yang mendukung investigasi matematik yang baik. Ujicoba telah dilakukan, subyek ujicoba adalah empat orang siswa sekolah dasar kelas V, dua orang laki-laki dan dua orang perempuan. Ujicoba menggunakan dua masalah investigasi matematika. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa siswa laki-laki dalam berpikirnya lebih terbuka, sehingga dengan ketelitiannya siswa laki-laki mampu berpikir matematis yang abstrak untuk mumunculkan kebaruan dan kefleksibilitasannya dengan menemukan pola-pola jawaban yang berbeda dan memperumumkan hasil yang ditemukannya. Sedangkan subyek perempuan dalam berpikirnya masih pada percobaan-percobaan kongkrit, dan kesulitan untuk melakukan pengamatan abstrak terhadap bilangan-bilangan yang abstrak sehingga pola-pola umumnya tidak ditemukan. Namun subyek perempuan lebih fasih dalam mengungkapkan jawaban tertulisnya. Kata kunci: kreatif, pemecahan masalah, investigasi matematik, gender, siswa sekolah dasar } }