TY - JOUR JF - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika TI - MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DENGAN TEORI VAN HIELE DAN PENDEKATAN PMRI AV - public UR - http://uny.ac.id Y1 - 2013/// N2 - Bangun datar segiempat merupakan salah satu materi dalam matematika yang menyajikan fenomena visual yang bersifat abstrak. Pembelajaran seharusnya dilakukan bertahap diawali dengan model benda-benda nyata dan harus sesuai dengan tingkat berpikir siswa. Van Hiele menjelaskan tingkat berpikir geometris yaitu visualisasi, analisis, dan deduktif informal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan geometris siswa dengan teori tingkat berpikir Van Hiele dan pendekatan PMRI. Penelitian ini menggunakan metode design research yang terdiri dari tiga fase siklik yaitu, fase persiapan dan desain, fase pelaksanaan dan fase analisis retrospektif. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar kerja siswa, lembar wawancara, lembar catatan lapangan, Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) dan video-tape. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, pembelajaran yang sesuai dengan teori Van Hiele dan PMRI dapat mengembangkan kemampuan geometris siswa. Siswa dapat memahami visualisasi bentuk segiempat, menganalisis sifat-sifat segiempat, dan memahami hubuangan antar bentuk segiempat. Prinsip PMRI yang mempengaruhi perkembangan berpikir siswa yaitu penggunaan konteks, penggunaan model, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan. Kata kunci: Segiempat, PMRI, Teori Van Hiele A1 - Sri , Eka Wahyuni A1 - Pinta , Deniyanti A1 - Meiliasari, Meiliasari PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ID - UNY10792 SN - 978 ? 979 ? 16353 ? 9 ? 4 ER -