TY - JOUR ID - UNY10790 JF - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UR - http://uny.ac.id AV - public N2 - Dalam matematika, yaitu pada materi kubus dan balok, penggunaan papan tulis yang terlalu dominan membuat siswa tidak bisa memandang dimensi tiga secara maksimal, karena guru akan memperlihatkan dimensi tiga pada sebuah dimensi dua (papan tulis). Selain itu, karakter yang mulai hilang, pembelajaran yang masih pasif dan kurangnya media dalam pembelajaran membuat pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme menggunakan CD interaktif terhadap karakter siswa perlu dilakukan. Pengembangan perangkat dilakukan untuk membuat proses pembelajaran lebih aktif dan dapat menumbuhkan karakter siswa. Pengembangan dilakukan melalui tahap analisis pendahuluan, perancangan desain produk, validasi dan revisi, dan uji coba terbatas. Data analisis pendahuluan, menyimpulkan bahwa pembelajaran yang pasif dan monoton akan membuat karakter siswa belum muncul. Pada tahap validasi dan revisi, terdapat tiga validator ahli untuk memvalidasi produk. Hasil validasi ahli menyatakan semua perangkat dikembangkan dengan baik yaitu dengan rata-rata penilaian validator silabus 45 (baik), RPP 69,3 (baik), LTPD 14,7 (baik),CD interaktif 47,3 (baik), dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rancangan uji coba terbatas menggunakan Quasi Experimental dengan dua kelas sampel, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dipilih secara simple random sampling. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif karakter terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: pengembangan perangkat, konstruktivisme, CD interaktif, karakter PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY SN - 978 ? 979 ? 16353 ? 9 ? 4 A1 - Saifan , Sidiq Abdullah A1 - Supandi , Supandi A1 - Nizaruddin, Nizaruddin TI - PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF TERHADAP KARAKTER SISWA SMP ER -