TY - JOUR N2 - Standar diberikannya geometri di sekolah diantaranya adalah agar siswa mempunyai kemampuan penalaran spasial untuk menyelesaikan masalah. Alternatif untuk menumbuhkan kemampuan spasial adalah dengan menggunakan media program Geogebra. Berbagai pendekatan pembelajaran dapat dipadankan dengan penggunaan Geogebra. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Peningkatan kemampuan spasial antara siswa yang diajar melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menggunakan media Geogebra dan tanpa menggunakan media Geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kaur Tengah sedangkan sampel diambil dengan teknik sampel acak kelas. Analisis data menggunakan data N-Gain kemampuan spasial siswa. Hasil penelitian menyimpulkan tidak ada perbedaan peningkatan kemampuan spasial siswa menggunakan media Geogebra dengan tanpa menggunakan media Geogebra melalui Pendekatan PMRI. Kata Kunci: kemampuan spasial, media geogebra, pendekatan PMRI Y1 - 2013/// A1 - Ristontowi, Ristontowi PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY ID - UNY10787 SN - 978 ? 979 ? 16353 ? 9 ? 4 JF - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika TI - KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DENGAN MEDIA GEOGEBRA AV - public UR - http://uny.ac.id ER -