%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Ririn , Widiyasari %A Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta, %D 2013 %F UNY:10785 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL ELICITING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII %U http://eprints.uny.ac.id/10785/ %X Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa pada materi Segitiga kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKS, dan Buku Siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model eliciting activities dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respon guru, respon siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan mengikuti model eliciting activities ini dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran model eliciting activities perlu diterapkan pada sekolah-sekolah. Kata kunci: model eliciting activities, penguasaan konsep matematika