%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A R. Rosnawati, M.Si. %A Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, %D 2013 %F UNY:10783 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T ASESMEN FORMATIF INFORMAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA %U http://eprints.uny.ac.id/10783/ %X Asesmen formatif informal adalah penilaian yang berfokus pada perolehan informasi tentang siswa belajar dalam pembelajaran dalam hal ini pembelajaran matematika yang dapat berlangsung pada setiap interaksi peserta didik-pendidik dalam proses pembicaraan kelas sehari-hari. Penilaian yang dilakukan saat interaksi memungkinkan pendidik untuk mengumpulkan informasi tentang status konsepsi, cara berpikir, strategi, kemampuan komunikasi peserta didik. Untuk melakukan asesmen formatif informal pendidik mengajukan pertanyaan untuk menghasilkan pemikiran peserta didik, peserta didik memberikan jawaban, pendidik mengakui respon pendidik, dan kemudian menggunakan informasi tersebut dikumpulkan untuk mendukung pembelajaran. Kata kunci: Asesmen, formatif, informal