%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A M.F. , Atsnan %A Rahmita , Yuliana Gazali %A Mahasiswa Pendidikan Matematika Pasca Sarjana UNY, %D 2013 %F UNY:10777 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII MATERI BILANGAN (PECAHAN) %U http://eprints.uny.ac.id/10777/ %X Pendekatan scientific atau lebih umum dikatakan pendekatan ilmiah menjadi keniscayaan dalam kurikulum 2013. So, bagaimana langkah – langkah pembelajaran berdasarkan pendekatan scientific yang mencakup lima langkah utama yaitu observing (mengamati), questioning (menanya), associating (menalar), experimenting (mencoba), dan networking (membentuk jejaring), diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP pada materi bilangan?. Sudah sesuaikah buku siswa kelas VII SMP yang ada dengan pendekatan scientific pembelajaran matematika ? Semua akan dijabarkan dan dipaparkan dalam makalah ini. Kata kunci: Pendekatan scientific, buku siswa