eprintid: 10776 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/01/07/76 datestamp: 2013-12-09 21:14:32 lastmod: 2013-12-09 21:14:32 status_changed: 2013-12-09 00:39:07 type: article metadata_visibility: show creators_name: Masduki, Masduki creators_name: Marlina , Ratna Subandriah creators_name: Dhiki , Yudha Irawan creators_name: Agus, Prihantoro corp_creators: Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS title: LEVEL KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU PELAJARAN MATEMATIKA SMP ispublished: pub subjects: snmpm2013 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Dalam paper ini, disajikan hasil analisis terhadap soal-soal uji kompetensi pada buku teks pelajaran matematika tingkat SMP. Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, namun beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buku ajar merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan apa yang dipelajari oleh siswa. Hasil laporan dari TIMSS dan PISA yang menunjukkan rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia menjadi alasan pentingnya dilakukan kajian terhadap buku teks pelajaran matematika. Kajian ini dilakukan dengan menganalisis soal-soal uji kompetensi dalam buku teks dilihat dari aspek kognitif. Untuk mengkaji aspek kognitif digunakan rumusan dari Mullis dkk (2009). Dalam penelitian ini dipilih masing-masing tiga buku teks untuk kelas VII, VIII, dan IX. Berdasarkan analisis terhadap soal-soal uji kompetensi buku teks pelajaran matematika diperoleh hasil bahwa aspek penerapan mendapatkan porsi yang sangat dominan dengan persentase 66% - 92%. Sedangkan aspek penalaran hanya mendapatkan porsi yang paling kecil dengan persentase 0,39% - 11,63%. Hasil kajian ini mengkonfirmasi mengapa siswa Indonesia dinilai lemah kemampuan matematikanya berdasarkan laporan TIMSS dan PISA karena siswa tidak terlatih untuk menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan penalaran mereka. Kata kunci: level kognitif, buku teks pelajaran matematika date: 2013 publication: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 official_url: http://uny.ac.id related_url_url: http://uny.ac.id citation: Masduki, Masduki and Marlina , Ratna Subandriah and Dhiki , Yudha Irawan and Agus, Prihantoro (2013) LEVEL KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU PELAJARAN MATEMATIKA SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10776/1/P%20-%2053.pdf