%T DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH FAKTORISASI BENTUK ALJABAR %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %D 2013 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %L UNY10774 %X Data utama yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari hasil pelaksanaan tes tertulis tentang pokok-pokok bahasan faktorisasi bentuk alajabar. Data dari hasil tes tertulis adalah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar yang memuat kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Sedangkan data sekunder atau data pendukung yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil validasi soal tes diagnosis. Dari penelitian ini diperoleh hasil diagnosis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar meliputi kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi bentuk aljabar dapat dilihat dari berbagai hal, antara lain disebabkan ketidakcermatan dalam membaca, ketidakcermatan dalam berpikir, kelemahan dalam analisis masalah, kekuranggigihan, ketidakmampuan melihat masalah yang biasa dengan cara atau pendekatan yang baru atau tidak biasa, salah pengertian, dan kepercayaan diri yang rendah. Kata kunci: diagnosis, kesalahan siswa, menyelesaikan masalah. %A Ardian Sari Lia