@article{UNY10769, year = {2013}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, author = {Karim Karim}, title = {BERPIKIR KREATIF SISWA MEMBUAT KONEKSI MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH }, journal = {Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika}, abstract = { Salah satu keterampilan berpikir yang menjadi tujuan diberikannya matematika di SMA adalah berpikir kreatif. Proses berpikir kreatif siswa akan muncul bila siswa tersebut diberi stimulus. Stimulus dalam hal ini adalah pemberian masalah matematika, sehingga siswa ditantang untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam menyelesaikan masalah matematika, tentunya banyak konsep/prinsip matematika yang dapat dikoneksikan. Sehingga dalam menyelesaikan suatu masalah sangat dimungkinkan akan terjadi banyak alternatif koneksi matematis yang dapat diguna- kan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Aspek kreatif siswa dalam membuat koneksi matematis yang diamati terdiri dari (1) kefasihan, (2) fleksibilitas, dan (3) kebaruan. Sedangkan aspek koneksi matematis yang diamati adalah (1) mengenali hubungan antarkonsep mate- matika, (2) menggunakan hubungan antarkonsep Matematika, (3) menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur atau operasi hitung, dan (4) menerapkan konsep dan prosedur pada situasi baru (konteks kehidupan nyata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan dalam hal : (1) mengenali hubungan antarkonsep matematika, (2) menggunakan hu- bungan antarkonsep Matematika, (3) menggunakan keterkaitan konsep dengan prosedur atau operasi hitung, dan (4) menerapkan konsep dan prosedur pada situasi baru (konteks kehidupan nyata) dapat dipenuhi. Kata Kunci : berpikir kreatif, koneksi matematis, dan pemecahan masalah. }, url = {http://eprints.uny.ac.id/10769/} }