eprintid: 10767 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/01/07/67 datestamp: 2013-12-09 21:14:31 lastmod: 2013-12-09 21:14:31 status_changed: 2013-12-09 00:10:57 type: article metadata_visibility: show creators_name: Januar , Budi Asmari creators_name: Erika , Laras Astutiningtyas creators_name: Agus , Efendi corp_creators: Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo title: PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA LAGU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SD SE-KECAMATAN LAWEYAN ispublished: pub subjects: snmpm2013 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara pembelajaran direct instruction dengan media lagu dan pembelajaran direct instruction yang tidak menggunakan media lagu. Pada penelitian ini prestasi belajar siswa dibatasi pada materi kelas IV SD dengan materi keliling dan luas jajargenjang. Pada penelitian ini menghasilkan lagu yang berisi materi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Laweyan. Diambil 2 sekolah secara acak sebagai sampel, kemudian diambil 1 kelas dari masing-masing sekolah, jadi ada dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (pembelajaran direct instruction dengan media lagu) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (pembelajaran direct instruction yang tidak menggunakan media lagu). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh t = -2,198 ∈ DK, maka H0 ditolak. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara pembelajaran direct instruction dengan media lagu dengan pembelajaran direct instruction yang tidak menggunakan media lagu. Jika dilihat dari reratanya maka prestasi belajar pembelajaran direct instruction dengan media lagu lebih baik daripada pembelajaran direct instruction yang tidak menggunakan media lagu. Kata kunci: Prestasi, Direct Instruction, Media Lagu date: 2013 publication: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 official_url: http://uny.ac.id related_url_url: http://uny.ac.id citation: Januar , Budi Asmari and Erika , Laras Astutiningtyas and Agus , Efendi (2013) PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA LAGU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SD SE-KECAMATAN LAWEYAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10767/1/P%20-%2044.pdf