eprintid: 10762 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/01/07/62 datestamp: 2013-12-09 21:14:30 lastmod: 2013-12-09 21:14:30 status_changed: 2013-12-08 17:57:23 type: article metadata_visibility: show creators_name: Ida , Nurmila Isandespha corp_creators: PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta title: PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA ispublished: pub subjects: snmpm2013 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap terhadap matematika siswa kelas IVC SD Muhammadiyah Jogodayoh, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 melalui penggunaan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVC SD Muhammadiyah, Jogodayoh tahun ajaran 2012/2013. Jenis tindakan yang dilakukan adalah menggunakan asesmen portofolio dengan melibatkan orang tua siswa untuk memberikan feedback secara tertulis pada setiap tugas portofolio siswa dalam pembelajaran matematika. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas IVC sebagai pelaku tindakan. Teknik pegumpulan data yang digunakan meliputi penilaian portofolio, skala sikap siswa, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tugas portofolio, skala sikap siswa, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran matematika menggunakan asesmen portofolio dengan melibatkan orang tua siswa untuk memberikan feedback secara tertulis pada setiap tugas portofolio yang disusun siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai matematika yang diperoleh siswa. Rata-rata nilai siswa pada pra tindakan adalah 65,07 dengan ketuntasan belajar 36%. Pada siklus I meningkat menjadi 79,25 dengan ketuntasan belajar 64% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 82,52 dengan ketuntasan belajar 86%. Ketuntasan belajar tercapai apabila siswa memiliki skor tes ≥ 75. Berdasarkan hasil analisis skala sikap siswa pada pra tindakan diperoleh 21,43% siswa memiliki skor sikap dengan kriteria positif. Pada siklus I meningkat menjadi 64,29% siswa memiliki skor sikap dengan kriteria positif dan meningkat lagi menjadi 81,71% siswa memiliki skor sikap dengan kriteria positif dan sangat positif. Kata kunci: Asesmen Portofolio, Prestasi Belajar, Sikap Siswa, Matematika date: 2013 publication: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 official_url: http://uny.ac.id related_url_url: http://uny.ac.id citation: Ida , Nurmila Isandespha (2013) PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10762/1/P%20-%2039.pdf