%A Julie Hongki %A Suwarsono St. %A Juniati Dwi %X Ada dua pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini, yaitu (1) apa konteks-konteks yang dapat dipergunakan untuk mengenalkan makna dari perkalian dua pecahan dan mencari hasil perkalian dua pecahan, dan (2) bagaimana menggunakan konteks-konteks tersebut untuk membantu siswa mengkonstruksi pemahaman tentang makna dari perkalian dua pecahan dan cara mencari hasil perkalian dua pecahan. Pendekatan pembelajaran yang dipergunakan di dalam merancang proses pembelajaran pecahan adalah pendekatan matematika realistik. Rancangan pembelajaran yang dibuat adalah untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Menurut Gravemeijer dan Cobb (dalam Akker, Gravemeijer, McKeney, dan Nieveen, 2006) ada tiga fase dalam penelitian pengembangan, yaitu (1) persiapan uji coba desain, (2) uji coba desain, dan (3) analisis retrospektif. Dalam makalah ini disajikan bahan belajar untuk siswa untuk siklus kedua yang direvisi dari bahan belajar siswa untuk siklus pertama dari tiga siklus yang direncanakan. Kata kunci: pecahan; pendekatan matematika realistik; penelitian pengembangan. %L UNY10761 %T BAHAN BELAJAR SISWA UNTUK SIKLUS KEDUA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %D 2013 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY