%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Gregorius , Sebo Bito %A Sugiman, Sugiman %A 1FKIP Universitas Flores Ende-NTT, %A FMIPA UNY, %D 2013 %F UNY:10760 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T INVESTIGASI PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NGADA, NTT DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN %U http://eprints.uny.ac.id/10760/ %X Makalah ini dimaksudkan untuk memaparkan pelaksanaan eksperimen pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang telah dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Katolik Bomari Langa, Ngada, Flores NTT, dengan level aktivitas berdasarkan pendekatan Pendidikan Realistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat menggunakan banyak strategi ketika proses pembelajaran dilaksanakan secara bertahap berdasarkan tingkatan pemodelan yang berbeda. Dalam level situasional, siswa dapat menggambarkan masalah kontekstual yang diberikan berdasarkan pengalaman (aktivitas) membagi makanan ringan dan pengalaman menaikkan-menurunkan penumpang Bemo. Dalam level referential siswa dapat memperagakan aktivitas situasional yang telah dilakukan dengan menggunakan untaian manik-manik yang telah digantungkan kartu pecahan. Gambaran dari untaian manik-manik yang telah digantungkan kartu pecahan (model of) merupakan jembatan yang membawa siswa menuju pada level general dimana garis bilangan digunakan digunakan sebagai model for penalaran matematika formal. Pada level formal, dengan dibimbing oleh untaian bilangan pecahan, siswa dapat mengkonstruksi soal cerita sendiri yang berhubungan dengan operasi pecahan dan menyelesaikannya secara formal. Kata kunci: membagi makanan ringan, menaikan dan menurunkan penumpang bemo, penjumlahan dan pengurangan pecahan, matematika realistik.