TY - JOUR UR - http://uny.ac.id AV - public TI - PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DIKELAS 7 SMP ISLAMAR-RIDHA BAGANSIAPIAPI ROKAN HILIR RIAU JF - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika SN - 978 ? 979 ? 16353 ? 9 ? 4 ID - UNY10759 A1 - Gadis Arniyati, Athar PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran, meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR).Penelitian ini dilaksanakan di kelas 7 SMP Ar-Ridha Bagansiapiapi Rokan Hilir pada Semester Ganjil dari tanggal 1 sampai 19 November tahun 2012, dengan siswa berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yakni siklus 1 yang terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 4 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat evaluasi siklus untuk melihat motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Pendekatan PMR dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Ini dapat dilihat dari hasil rata-rata skor motivasi siswa mengalami peningkatan dari 27,5 (kategori rendah) pada skor dasar menjadi 40,39 (kategori tinggi) pada siklus 1 dan 42, 2 (kategori tinggi) pada siklus 2. Dari hasil perindikator menunjukkan bahwa peningkatan motivasi yang paling besar terjadi pada indikator percaya diri dan minat.Dari hasil tes belajar siswa juga terjadi peningkatan rata-rata dari ketuntasan hasil belajar (KKM ? 65) yakni, 21,43% sebelum tindakan menjadi30,4% pada siklus 1 dan 53,57% pada siklus 2. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Motivasi, Hasil Belajar. Y1 - 2013/// ER -