%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Elly, Arliani %A Kana Hidayati, M.Pd. %A Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, %D 2013 %F UNY:10754 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T PENERAPAN ITEM MAPPING BERDASARKAN TEORI RESPONS BUTIR DALAM PENGUKURAN PENDIDIKAN MATEMATIKA %U http://eprints.uny.ac.id/10754/ %X Item Mapping (pemetaan butir) berdasarkan teori respons butir dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan apa yang siswa tahu dan mampu lakukan pada tingkat penguasaan tertentu. Salah satu keputusan yang perlu dibuat dalam pemetaan butir adalah mendefinisikan tingkat kesuksesan atau disebut Response Probability (RP) yang digunakan untuk mencari atau memetakan butir sepanjang skala skor dengan tujuan menggambarkan keterampilan siswa pada titik-titik skor tertentu. Keputusan tentang nilai-nilai Response Probability (RP) ini merupakan salah satu hal penting dalam Item Mapping karena mempengaruhi interpretasi tingkat skor. Seiring berkembangnya teori pengukuran, item mapping berdasarkan teori respons butir dapat digunakan dalam berbagai kegiatan pengukuran pendidikan. Melalui studi literatur, artikel ini membahas penerapan item mapping berdasarkan teori respons butir dalam kegiatan pengukuran khususnya dalam pendidikan matematika di Indonesia. Kata kunci: Item Mapping, Teori Respons Butir, Matematika