%0 Journal Article %@ 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 %A Eka, Kasah Gordah %A Reni, Astuti %A STKIP PGRI Pontianak, %D 2013 %F UNY:10752 %I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %T MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI DASAR BERBASIS MODEL RECIPROCAL TEACHING DI STKIP PGRI PONTIANAK %U http://eprints.uny.ac.id/10752/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa melalui pengembangaan bahan ajar geometri dasar berbasis model reciprocal teaching di STKIP PGRI Pontianak. Tahapan pengembangan yang dilakukan terdiri dari tahap define, design dan develop. Dari tahapan pengembangan bahan ajar tersebut telah dihasilkan bahan ajar geometri dasar yang telah direvisi berdasarkan masukan dari lima orang validator. Bahan ajar yang disusun terdiri atas empat pokok bahasan yaitu geometri dalam system aksiomatik, geometri datar dan geometri ruang. Kata kunci: kemampuan komunnikasi matematis, bahan ajar geometri, model reciprocal teaching.