@article{UNY10751, year = {2013}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, journal = {Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika}, author = {irawan Edi}, title = {ANALISIS KECENDERUNGAN PENELITIAN SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI PACITAN TAHUN AKADEMIK 2012/2013 }, url = {http://eprints.uny.ac.id/10751/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bidang penelitian, jenis penelitian, bidang kajian penelitian, isu-isu penelitian dan subjek penelitian yang paling banyak diteliti oleh mahasiswa Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2012/2013 dalam rangka menyusun skripsi. Informasi ini sangat berguna sebagai referensi mahasiswa lain yang akan melakukan penelitian skripsi serta sebagai pijakan bagi institusi untuk meningkatkan kualitas dan diversifikasi penelitian yang dilakukan mahasiswa pada tahun-tahun berikutnya. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah hasil penelitian skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari penelusuran dokumen, observasi, dan wawancara mendalam. Untuk menghasilkan data yang kredibel, dilakukan dengan triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan. Sedangkan teknik analisis data di lapangan, dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian eksperimental semu paling banyak digunakan mahasiswa Pendidikan Matematika Tahun Akademik 2012/2013 dalam menyusun skripsi. Demikian halnya dengan isu-isu pendidikan yang paling mendominasi adalah model dan metode pembelajaran. Sementara variabel atribut lain yang paling sering digunakan adalah motivasi belajar, kreativitas, dan kedisiplinan belajar. Sedangkan subjek penelitian yang sering digunakan adalah siswa-siswi SMP dan SMA sederajat. Kata kunci: kecenderungan penelitian, isu-isu penelitian, pendidikan matematika } }