@article{UNY10748, title = {PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH }, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, author = {Tandililing Edy }, year = {2013}, journal = {Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10748/}, abstract = {Target yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah pengembangan etnomatematika berbasis budaya lokal di Kalimantan Barat dalam upaya pengembangan pembelajaran matematika di sekolah khususnya di sekolah dasar. Subyek penelitian adalah siswa, pemuka adat, guru dan toko masyarakat Dayak Kanayat?n yang mengenal benar sastra lisan, artifak-artifak, permainan tradisional, dan praktik etnomatematika yang berlaku dalam masyarakat. Subyek penelitian sebanyak 18 orang toko masyarakat dari empat Kabupaten yang berbahasa Dayak Kanayat?n. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode (Multi methods), yakni: pengamatan, studi dokumenter, diskusi kelompok terfokus, dan wawancara mendalam (indepth interview). Analisis data penelelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari wawancara mendalam, pengamatan, dokumentasi dan diskusi kelompok terfokus. Analisis dilakukan secara simultan dengan terlebih dahulu melakukan pemilahan data yang sejenis. Selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian, dan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan analisis data ditemukan berbagai jenis kegiatan, sastra lisan, artifak-artifak, permainan tradisional, budaya menghitung dan mengukur di masyarakat Dayak Kanayat?n dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah Kata Kunci: Etnomatematika, Dayak Kanayat?n, dan Budaya Lokal } }