TY - JOUR UR - http://uny.ac.id ID - UNY10747 A1 - Rasiman, Rasiman TI - PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BAGI SISWA DENGAN KEMAMPUAN MATEMATIKA RENDAH PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY N2 - Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika bagi siswa dengan kemampuan matematika rendah. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Semarang dengan subjek penelitian sebanyak seorang siswa dengan kemampuan matematika rendah. Hasil penelitian sebagai berikut: (i) memahami masalah, subjek dapat menyebutkan semua data yang diketahui dan pokok permasalahan, setelah mendapatkan stimulus suatu pertanyaan, (ii) rencana penyelesaian masalah, pada tahap mengindentifikasi fakta-fakta subjek penelitian belum mengungkap fakta-fakta. Pada tahap merencanakan langkah-langkah penyelesaian, subjek belum membuat secara lengkap, (iii) melaksanakan penyelesaian, subjek penelitian dalam menerapkan langkah-langkah maupun cara memilih definisi/aturan trigonometri yang pernah dipelajari sebelumnya tidak lengkap dan pengerjaannya tidak urut. Subjek juga melakukan kesalahan-kesalahan baik dalam menulis aturan trigonometri maupun dalam operasi hitung, (iv) memeriksa kembali, subjek belum melakukan evaluasi tentang langkah yang telah dilakukan, karena subjek hanya membaca kembali. Subjek penelitian belum dapat mengambil kesimpulan yang didasarkan pada alasan yang tepat. Hasil penelitian ini, dapat digunakan guru matematika SMA dalam membuat skenario pembelajaran sehingga siswa dengan kemampuan matematika rendah terbiasa berpikir kritis. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Masalah Matematika, Kemampuan Matematika Y1 - 2013/// AV - public JF - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika SN - 978 ? 979 ? 16353 ? 9 ? 4 ER -