%I Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY %D 2013 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUANGEOGEBRA UNTUK MEMBELAJARKAN TOPIK TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA %J Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika %L UNY10745 %X Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra untuk membelajarkan topik trigonometri pada siswa kelas X SMA, mendeskripsikan kualitas LKS yang dikembangkan ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi, dan teknik serta mengetahui minat siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu: Analysis (Tahap Analisis), Design (Tahap Desain), Development (Tahap Pengembangan), Implementation (Tahap Implementasi), dan Evaluation (Tahap Evaluasi). Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian LKS untuk ahli materi, lembar penilaian LKS untuk ahli media, dan angket minat siswa. Hasil penelitian ini berupa LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra untuk membelajarkan topik trigonometri pada siswa kelas X SMA. Kualitas dari media yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi, dan teknik memiliki perolehan skor rata-rata sebesar 3.3 dan 3.375 yang masing-masing berada dalam kategori baik. Sedangkan menurut hasil angket penilaian siswa memiliki perolehan skor rata-rata 3.11 yang menunjukkan bahwa minat siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta dalam menggunakan LKS ini berada dalam kategori baik. %A Dian Andarwati %A Kuswari Hernawati %K LKS, GeoGebra, penemuan terbimbing, trigonometri