TY - JOUR A1 - Demitra, Demitra PB - Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Statistika untuk mendukung program PG-MIPA-BI. Pengembangan modul dilakukan melalui tahapan pengembangan menurut model The Systematic Design of Instruction dengan kegiatan: analisis kebutuhan, analisis instruksional, dan evaluasi formatif. Evaluasi formatif dilakukan dengan mengujicobakan modul melalui uji ahli dan uji kelompok kecil. Hasil uji ahli menunjukan bahwa modul telah memenuhi aspek-aspek (1) kualitas isi, (2) kualitas metode penyajian, (3) penggunaan bahasa, (4) penggunaan ilustrasi, (5) kualitas fisik modul, dan (7) relevansi dan kredibilitas buku sumber dengan rata-rata skor hasil penilaian berada pada rentang nilai rata-rata antara 8,0 ? 9,0. Hasil uji kelompok kecil melalui penggunaan modul dalam perkuliahan Statistika Dasar menunjukkan bahwa modul Elementary Statistic dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi statistika dasar, penampilan modul cukup menarik, namun perlu variasi dalam font dan warna, modul mampu meningkatkan semangat belajar pada mahasiswa. Kata-kata kunci: Statistika, Pendidikan Guru Berstandar Internasional. Y1 - 2013/// SN - 978 ? 979 ? 16353 ? 9 ? 4 ID - UNY10744 JF - Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UR - http://uny.ac.id AV - public TI - PENGEMBANGAN MODUL STATISTIKA DASAR UNTUK MAHASISWA PG-MIPA-BI ER -