@article{UNY10732, journal = {Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika}, title = {INTERACTIVE STUDENT?S BOOK BERBASIS ICT UNTUK MENDUKUNG AKTIVITAS EKSPLORASI KONSEP-KONSEP GEOMETRI }, author = {Ali Mahmudi and Kuswari Hernawati and Himmawati Puji Lestari}, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, year = {2013}, abstract = {Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya aktivitas kreatif dan bermakna bagi siswa. Pada umumnya pembelajaran lebih bersifat mekanistis dan kurang memberikan kesempatan luas kepada siswa untuk mengeksplorasi dan menemukan konsep-konsep matematis. Hal ini salah satunya disebabkan oleh masih sedikitnya ketersediaan bahan ajar (student?s book) yang dapat memfasilitasi siswa melakukan aktivitas eksplorasi, selain masih terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT yang dapat membantu dan mempermudah proses eksplorasi tersebut. Seiring perkembangan zaman, pemanfaatan media pembelajaran matematika berbasis ICT merupakan keharusan dan kebutuhan. Media pembelajaran berbasis ICT sangat ideal dimanfaatkan dalam pembelajaran konsep-konsep matematis yang menuntut ketelitian tinggi, membelajarkan konsep atau prinsip yang perlu disajikan secara repetitif, atau membelajarkan konsep yang memerlukan tampilan grafis dengan akurasi yang akurat dan cepat. Media ini sangat berpotensi sebagai sarana bagi siswa untuk melakukan aktivitas eksplorasi berbagai konsep matematis guna mencapai pemahaman matematis yang baik. Berdasarkan hal itu, dipandang perlu untuk mengembangkan student?s book berbasis ICT yang dimaksudkan untuk mendukung aktivitas eksplorasi siswa. Kata kunci: interactive, student?s book, ICT, konsep geometri }, url = {http://eprints.uny.ac.id/10732/} }