eprintid: 10729 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/01/07/29 datestamp: 2013-12-09 21:14:26 lastmod: 2013-12-09 21:14:26 status_changed: 2013-12-08 09:37:15 type: article metadata_visibility: show creators_name: Agustinus, Sroyer corp_creators: FKIP Universitas Cenderawasih Jayapura title: PENALARAN KUANTITATIF (QUANTITATIVE REASONING) DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ispublished: pub subjects: snmpm2013 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public abstract: Menurut NCTM, quantitative reasoning (QR)/penalaran kuantitatif adalah kemampuan yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika untuk menganalisis informasi kuantitatif dan untuk menentukan keterampilan dan prosedur yang dapat diterapkan pada masalah tertentu untuk sampai pada suatu solusi. Penalaran kuantitatif, baik secara umum maupun untuk tujuan penilaian, difokuskan pada pemecahan masalah. Hal tersebut meliputi enam kemampuan: membaca dan memahami informasi yang diberikan dalam berbagai bentuk; menafsirkan informasi kuantitatif dan membuat gambaran kesimpulan; pemecahan masalah menggunakan aritmatika, aljabar, geometri, atau metode statistik; memperkirakan jawaban dan memeriksa kelayakan; mengkomunikasikan informasi kuantitatif; dan membuat batasan dari metode matematika atau statistik. Penalaran kuantitatif memerlukan penggunaan konten matematika untuk tujuan penilaian dan untuk memecahkan masalah secara lebih umum. Penalaran kuantitatif, bagaimanapun, berbeda secara mendasar, baik secara konseptual maupun praktis, dari pengetahuan konten matematika. Terdapat empat tipe pertanyaan QR, yaitu quantitative comparison, multiple choice-select one, multiple choice-select one or more dan numeric entry. Pada artikel ini akan dikaji soal-soal yang berkaitan dengan keempat tipe tersebut dan dikaitkan dengan pemecahan masalah (sehari-hari). Kata kunci: penalaran kuantitatif (quantitative reasoning), pemecahan masalah, pembelajaran matematika date: 2013 publication: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika publisher: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY refereed: TRUE issn: 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 official_url: http://uny.ac.id related_url_url: http://uny.ac.id citation: Agustinus, Sroyer (2013) PENALARAN KUANTITATIF (QUANTITATIVE REASONING) DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4 document_url: http://eprints.uny.ac.id/10729/1/P%20-%206.pdf