@article{UNY10728, year = {2013}, journal = {Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika}, author = {Anindya Putri Agisna }, publisher = {Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY}, title = {MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP ANGGREK BANJARMASIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN SCRAMBLE}, url = {http://eprints.uny.ac.id/10728/}, abstract = {Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Demikian pentingnya, matematika juga dijuluki sebagai Queen of Sciences, ratunya para ilmu sekaligus juga pelayannya, tetapi matematika justru menjadi momok yang menyeramkan dan merupakan pelajaran yang sulit bagi siswa pada umumnya. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Siswa kelas VII C SMP Anggrek Banjarmasin memiliki hasil belajar yang rendah pada pokok bahasan Garis dan Sudut. Hasil belajar siswa rendah disebabkan oleh faktor siswa dimana aktivitasnya rendah (terbiasa diam dalam proses pembelajaran) dan kemampuan awalnya juga rendah dilihat dari nilai UN siswa pada saat pertama kali masuk sekolah. Faktor guru juga mempengaruhi karena biasa menggunakan pembelajaran yang terpusat pada guru sehingga siswa hanya mendengarkan saja. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diajukan solusi kepada guru yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Scramble. Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Anggrek Banjarmasin yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase, statistika deskriptif dan perhitungan skor perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Scramble mengalami peningkatan pada setiap aspek yang diamati. Hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Scramble juga mengalami peningkatan. Kata kunci: Aktivitas siswa, hasil belajar, kooperatif tipe STAD, Scramble } }