%T UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN SISWA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG ANGKREK PADA SISWA KELOMPOK B2 TK ASSA’ADAH BALEDONO PURWOREJO
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian siswa kelompok B2
TK  Assa’adah  Baledono  Purworejo  melalui  metode  bercerita  dengan  media
wayang angkrek.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang dikembangkan sendiri oleh peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B2 TK Assa’adah Baledono Purworejo yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari
8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.  Objek  dalam penelitian ini adalah perhatian   siswa.  Metode  yang  digunakan  dalam  pengumpulan  data  adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil 	penelitian 	menunjukkan 	bahwa 	metode 	bercerita 	dapat meningkatkan perhatian siswa kelompok B2 TK Assa’adah Baledono Purworejo. Peningkatan perhatian siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat pada  setiap siklus.  Hasil  rata-rata  observasi  perhatian  siswa  sebelum  tindakan adalah  8.70%  dengan  kriteria  “kurang  sekali”,  pada  siklus  I  adalah  47.12% dengan  kriteria  “cukup  baik”,  dan  pada  siklus  II  meningkat  menjadi  82.61% dengan kriteria “sangat baik”.

Kata kunci: perhatian, metode bercerita, wayang angkre 

%A   Airin Setyarini
%L UNY10642
%I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
%D 2013